SELAMAT DATANG & ENJOY HERE ~~~~~~ FRIENDS BLOG SUPPORT : BLOG RTTF - BLORA BERSATU - CYBER BLORA - GOSIP SELEBRITI INDONESIA - BLOG JUAL BELI ONLINE - BERBAGI ILMU DESAIN

March 31, 2013

Blora Juara Festival Tayub Jateng - Jatim

Blora Juara Festival Tayub Jateng - Jatim
Tim tayub Kabupaten Blora berhasil menjuarai festival tayub se-Jateng dan Jatim yang digelar di Kabupaten Grobogan.
Blog Agus
Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Slamet Pamuji, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Suntoyo S Kar, Jumat (29/3), mengemukakan festival tayub tersebut dilaksanakan guna memperingati HUT Kabupaten Grobogan.
Sebanyak 19 grup tayub mengikuti lomba yang dipusatkan di alun-alun Grobogan, Rabu (27/3), tersebut. Selain dari sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tengah, festival diikuti pula beberapa grup tayub dari Jawa Timur. Di antaranya dari Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.
Hasilnya, dewan juri memutuskan tim tayub binaan DPPKKI Blora mengumpulkan nilai terbanyak dan dinobatkan sebagai juara pertama. "Dalam festival tersebut kami menampilkan pesinden-pesinden senior. Pengalaman mereka menjadikan tim kami meraih juara pertama," ujarnya.
Suntoyo mengungkapkan dalam festival itu panitia penyediakan sejumlah peralatan yang dibutuhkan, di antaranya peralatan tetabuhan. Sedangkan tim peserta menampilkan penari-penari tayubnya.
Meski begitu tim Blora membawa serta pula personel yang ditugaskan secara khusus menabuh tetabuhan. Tujuannya agar tarian yang ditampilkan sinergi dengan musik yang ditabuh. "Dan ternyata usaha kami membuahkan hasil yang membanggakan. Tarian yang disuguhkan mencirikan daerah masing-masing," tandasnya.
Di festival kali ini juara kedua diraih tim tayub dari Kabupaten Wonogiri sedangkan juara ketiga direbut Kabupaten Sragen.
Sementara itu di acara yang berbeda, permainan tradisional rakyat Blora belum lama ini dinilai dewan juri tingkat Provinsi Jateng. Permainan rakyat yang ditampilkan Blora adalah Barongan serta Keroncong Punakawan.
Jika lolos dalam penilaian tersebut, Blora akan mewakili Jateng dalam lomba permainan rakyat tingkat nasional yang diadakan Forum Komunikasi Media Tradisional
Selamat untuk Group Tayub Kota Blora  


Salam 
Sumber : Blora

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar :

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN JEJAK DI BLOG INI
Harap komentar yang sopan serta santun, itu merupakan cerminan pribadi !!!
Jadilah Blogger yang bermartabat dalam berkomentar, mohon maaf kalau ada komentar yg berbau promosi ADMIN berhak untuk menghapusnya.
Salam Blogger !!!