SELAMAT DATANG & ENJOY HERE ~~~~~~ FRIENDS BLOG SUPPORT : BLOG RTTF - BLORA BERSATU - CYBER BLORA - GOSIP SELEBRITI INDONESIA - BLOG JUAL BELI ONLINE - BERBAGI ILMU DESAIN

December 16, 2012

SMK Muh 1 Blora Memeriahkan Parade Seni Budaya

Blog Agus - Parade Seni Budaya dalam rangka Hari Jadi Kab. Blora ke-263 berlangsung meriah. Parade dengan start di aloon-aloon Blora dan finish di depan Kantor DPRD Kab. Blora Jl. A. Yani digelar pada Hari Sabtu dan Minggu (15-16/12) cukup menyedot perhatian masyarakat.
Acara dibuka sekitar pukul 09.00 WIB oleh Wakil Bupati Blora, Abu Nafi dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya acara. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Drum Band Gita Bahana Vyatra AKAMIGAS-STEM Cepu.

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan ini menjadi kegiatan paling ditunggu-tunggu dalam setiap peringatan Hari Jadi Kab. Blora yang jatuh pada tanggal 11 Desember. Meskipun cuaca panas tidak menyurutkan antusiasme warga untuk menonton. Mereka memadati aloon-aloon dan sepanjang ruas-ruas jalan dilaluinya parade.

Masing-masing kelompok menampilkan tarian di depan panggung
kehormatan dengan durasi waktu paling lama 3 (tiga) menit yang telah ditentukan oleh panitia. Mereka menampilkan tari kreasi baru yang mengangkat sejarah, tradisi, adat istiadat, kesenian, kebudayaan, alam, wisata dan potensi yang ada di Blora, seperti : Barongan, Lamporan, Mantenan, Kayu dan Hutan Jati, Goa Terawang, Tayub, Jaran Kepang, Batik Blora, Hadroh, Barongsai, Mantenan, dll.


Salah satunya SMK Muh 1 Blora yang mengambil tema BATIK BLORA 
inilah pasukan kita yang baru tampil di depan panggung kehormatan



SMK Muh 1 BLORA
 itu adalah salah satu atraksi dari anak2 SMK MUH 1 BLORA yang penuh dengan semangat. Bravo SMK MUH 1 BLORA ......!!!!!! Ucap para penonton.

Sedang Pose dengan para Pengajar
 Setelah itu barulah Pasukan SMK MUH 1 BLORA berkeliling atau berparade ke jalur yang telah di tentukan oleh panitia.

Dan sementara itru di sisi lainnya ...
Seperti nomor urut pertama, SMP Hasanuddin yang mengangkat Kentongan, alat musik tradisional yang terbuat dari bamboo. Mereka memainkannya begitu kompak sehingga keluar irama yang
enak didengar. Sinopsisnya, Kentongan atau thek-thek sebagai alat ronda dan mainan anak-anak pada zaman dahulu dijadikan alat komunikasi bagi masyarakat.

Ada juga yang mengangkat sejarah Senopati Haryo Penangsang persembahan dari Paguyuban Masyarakat Kelurahan Karangboyo Kecamatan Cepu, Tokoh Masyarakat Karangboyo, LSM “Lentera “ Cepu dan Cepu Putra FC. Tarian ini bercerita tentang perselisihan antara Kesultanan Pajang yang pada waktu itu diperintah oleh Hadi Wijaya atau lebih dikenal dengan Joko Tingkir dengan Kadipaten Jipang Panolan yang diperintah oleh Adipati Haryo Penangsang
dikarenakan Haryo Penangsang dipaksa sowan/datang kepada Hadi Wijoyo. Dan tentu saja Haryo Penangsang menolak dikarenakan bahwa sesungguhnya yang berhak bertahta di Pajang bukan Hadi Wijoyo dikarenakan anak mantu atau menantu yang tentu saja secara aturan tidak berhak menduduki tahta Kesultanan Pajang. OLeh karena itu, apabila Haryo Penangsang sungkem ke Pajang berarti sama dengan menyetujui ketidakadilan dan melanggar kode etik dan norma aturan yang berlaku.

Lulus Trilaksono selaku Ketua LSM “Lentera” mengatakan bahwa alasan mengangkat sejarah Haryo Penangsang adalah untuk
meluruskan Jipang Panolan pada masa Adipati Haryo Penangsang yang oleh sebagian orang bahwa Adipati Haryo Penangsang disebut sebagai pemberontak.

Ada juga yang mengangkat alat penumbuk padi jaman dahulu atau lebih dikenal dengan sebutan Lesung. Sedulur Sikep atau masyarakat Samin dari Kecamatan Sambong ini menampilkan kelompok paduan suara dengan menggunakan Lesung sebagai alat musiknya.

Setiap kelompok berusaha tampil maksimal untuk menarik perhatian dewan juri dan penonton dengan memadukan tari, kostum, make up dengan iringan alat musik tradisional seperti :
gamelan, kentongan, terbang, angklung yang semakin memeriahkan suasana.

Make up dan kostum yang mereka pakai juga sangat inovatif disesuaikan dengan tema yang mereka usung. Seperti SMK N 2 Blora yang menampilkan pakaian Batik khas Blora. Mereka berusaha menampilkan kreasi yang unik yang selama ini belum tergali untuk diangkat melalui apresiasi seni.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Bondan Sukarno mengatakan, Selain untuk memeriahkan Hari Jadi Kab. Blora, melalui
Parade Seni Budaya ini diharapkan bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara sehingga menimbulkan multi efek ekonomi.

Bodan menjelaskan, Peserta dibagi menjadi 3 (tiga) Kelompok, pelajar SMP/sederajat, SMA/sederajat dan Perguruan Tinggi, dan Kelompok umum. Kelompok SMP/sederajat diikuti 29 kelompok, SMA dan Perguruan Tinggi sebanyak 18 kelompok dan kelompok umum yang merupakan perwakilan kecamatan, kelompok organisasi seni, sanggar seni dan Organisasi Masyarakat diikuti 36 kelompok. Ada juga Kelompok partisipan dari Kab. Rembang dan Bojonegoro.

“Masing-masing juara akan memperoleh
piala bergilir, piala tetap, piagam penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan dari Bupati Blora,” jelasnya.

Penilaian dilakukan oleh juri yang berkualitas, mempunyai kemampuan dan wawasan luas dibidang seni budaya dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, terdiri dari Dr. Slamet, M.Hum, Slamet Priyadi, S.Kar, Rabimin, S.Kar, Pamardi, S.Kar, I Ketut Saba, S.Kar, M.Sn dengan kriteria penilaian meliputi kreatifitas, kekompakan, rias/kostum/property, dan penampilan.

Sumber : SMK Muh 1 Blora, Info Blora

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar :

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN JEJAK DI BLOG INI
Harap komentar yang sopan serta santun, itu merupakan cerminan pribadi !!!
Jadilah Blogger yang bermartabat dalam berkomentar, mohon maaf kalau ada komentar yg berbau promosi ADMIN berhak untuk menghapusnya.
Salam Blogger !!!