SELAMAT DATANG & ENJOY HERE ~~~~~~ FRIENDS BLOG SUPPORT : BLOG RTTF - BLORA BERSATU - CYBER BLORA - GOSIP SELEBRITI INDONESIA - BLOG JUAL BELI ONLINE - BERBAGI ILMU DESAIN

February 10, 2015

Magic Trap SMK Muhammadiyah 1 Blora Juarai Ajang Krenova Bappeda Blora

Dengan mengusung sebuah alat yang diberi nama Magic Trap dua siswa SMK Muhammadiyah Blora berhasil menyabet juara pertama dalam ajang Kreativitas dan Inovasi  Masyarakat (Krenova)  2014 yang diadakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora. Menyisihkan sembilan peserta yang ikut dalam ajang tersebut.


Magic trap yang dibuat oleh Wendi Suprianyanto dan Siska Budi Utomo tersebut merupakan alat untuk menangkap serangga yang ada di areal persawahan yang ramah lingkungan.  Dengan menggunakan teknologi dan energy dari kincir angin yang dapat menyimpan energi. Kemudian dari energy itu bisa menyalakan lampu yang akan menyala saat malam hari. Lampu itulah yang akan menangkap serangka secara otomatis yang ada di areal persawahan.
“Kreatifitas yang dimiliki masyarakat sangat banyak untuk itu harus difasilitasi dengan baik sehingga menjadi hal yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Kepala Bappeda Blora Samgautama Karnajaya .
Semua karya yang dilombakan tersebut sebelumnya telah di uji coba dan masing-masing peserta melakukan presentasi.
Menurutnya pada Krenova tahun ini yang dibuka dari Agustus- Nopember 2014, hanya ada sembilan peserta yang ikut dan satu dari masyarakat . Selebihnya delepan dari lembaga sekolah yang ada di Blora.  “Ternyata kreatifitas masyarakat Blora cukup bagus dan perlu ditindaklanjuti secara serius oleh pemkab sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.
Dari hasil Krenova itu, Bappeda akan menindaklanjutinya dengan mengusulkan agar menjadi hak paten, sehingga karya yang dihasilkan tidak diklaim oleh orang lain. Sebab hak patent suatu karya sangat penting. Untuk di Blora sudah ada satu permohonan pengajuan hak paten yaitu Minuman Ringan Nata De Flava.
“Bappeda akan memfasilitasi pengajuan hak paten terhadap hasil karya yang dihasilkan oleh masyarakat Blora,” terangnya.
Sementara itu Bupati Blora Djoko Nugroho melihat perkembangan Blora melalui produk kreativitas oleh masyarakat sudah cukup baik, serta memang perlu mendorong agar karya cipta yang sudah ada bisa dipatentkan, karena hak patent amat sangat berharga sekali.
Untuk itu Djoko Nugroho mendorong agar apa yang sudah dihasilkan dalam Krenova ini bisa ditindak lanjuti oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait agar bisa terus dibina. “Masing-masing SKPD tidak boleh gontok-gontokaan, apa yang dilakukan Bappeda dalam menciptakan inovasi harus di tindaklanjuti dengan serius, SKPD terkait harus membina dan mengembangkannya lebih serius,” pesan Djoko Nugroho.

sumber : Suara Merdeka
sumber foto : Group To All Alumni SMK Muhammadiyah 1 Blora

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar :

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN JEJAK DI BLOG INI
Harap komentar yang sopan serta santun, itu merupakan cerminan pribadi !!!
Jadilah Blogger yang bermartabat dalam berkomentar, mohon maaf kalau ada komentar yg berbau promosi ADMIN berhak untuk menghapusnya.
Salam Blogger !!!